Rabu, 10 Mei 2017

RISKI WAHYU O

TUGAS 1 : MENULIS TEKS REFLEKTIF MULTIMODA



1I.    Identitas buku

Judul               : Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan
Penulis             : Widarko Bangkit
Penerbit           : Laksana
Tahun terbit     : 2014
Tebal buku      : 190 halaman
ISBN               : 9786022556442
2.      Evaluasi buku
Buku ini ditulis oleh pengarang yang ahli di bidang motivasi. Penulis sering memberikan motivasi melalui media sosial dan telah lama bergelut di bidang motivasi. Penerbit buku terpercaya. Buku telah mendapatkn nomor ISBN (9786022556442) berupa pengembangan diri atau motivasi. Pengarang menyertakan rujukan. Daftar rujukan yang ditulis telah sesuai dengan kaidah penulisan rujukan, dengan mencantumkan tahun terbit. Rujukan yang digunakan berupa buku, sehingga rujukan tersebut kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.


3.      Catatan tentang kredibilitas
Buku yang berisi motivasi ini ditulis oleh Widarko Bangkit. Widarko Bangkit telah lama berkecimpung di dunia tulis-menulis, yang berkaitan dengan pengembangan diri dan motivasi. Selain menerbitkan buku Jadikan Dirimu Orang yang Tak Terlupakan, Widarko telah menerbitkan buku bertajuk “Sukses itu” serta karya-karya lain yang telah diterbitkan. Penulis merupakan seorang yang ahli di bidang motivasi. Penulis sering memberikan motivasi melalui media sosial. Motivasi yang telah ditulis oleh Widarko dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang yang membacanya.

4.      Ikhtisar
Manusia dikenal sebagai makhluk sosial. Tentunya dengan sebutan seperti itu manusia sudah pasti berinteraksi dengan sesamanya. Namun dalam kehidupan yang singkat ini tentu kita ingin bahwa kebaikan-kebaikan yang kita lakukan selama hidup dapat dikenang oleh orang lain. Dalam kehidupan sosial manusia memiliki pengaruh dalam diri mereka masing-masing.
Dalam buku ini Widarko Bangkit, seorang penulis yang aktif dalam kegiatan sosial memberikan pemaparan yang gamblang mengenai trik-trik untuk menjadi pribadi yang tidak mudah terlupakan. Disertai dengan seni dan taktik untuk mempengaruhi orang lain yang dapat diterapkan untuk segala profesi.
Buku setebal 190 halaman ini memiliki bahasa yang sangat sederhana, sehingga akan mudah dicerna bagi siapa saja yang membacanya. Buku Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan berisi lima bab. Pertama , tentang pengaruh seseorang yang pada dasarnya telah ada pada diri masing-masing. Kedua , membahas seni dan taktik memengaruhi orang lain. Ketiga, bagaimana cara membuat sifat Anda disukai banyak orang. Keempat, belajar dari tokoh tentang bagaimana mereka berkarya dan berjuang hingga tidak pernah dilupakan oleh sejarah. Kelima, berisi tentang tips untuk menjadi pribadi yang tidak mudah dilupakan, yang mana kualitas dan pengembangan diri lebih ditekankan. Untuk menjadi orang yang tak terlupakan kita harus menjadi pribadi yang hebat, berpengaruh, dan bermanfaat untuk khalayak. Sedangkan bab terakhir juga tak kalah menariknya, karena merupakan inti dari buku tersebut. Dari semua pembahasan berisi tentang ajakan untuk selalu berbuat baik, dan banyak sekali hal yang bisa kita ambil pelajarannya. Ingat! Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjadi orang yang tak terlupakan, dengan diri kita sendiri sebagai aktor utamanya. Seberapa besar kemauan kita melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang banyak? Kekuatan dari dalam diri kitalah yang mampu mewujudkannya. Yakinlah bahwa orang yang melakukan kebaikan akan selalu mendapatkan tempat terbaik. Semoga kita bias menjadi orang yang tidak terlupakan, karena kebaikan-kebaikan kita.

5.      Nilai-nilai reflektif
a.       Buku ini membuat kita merenung tentang karakter diri kita yang dapat ditangkap oleh orang lain yang berinteraksi dengan kita. Apa kita berkarakter baik ataukah tidak.
b.      Di dalam buku ini berisi evaluasi diri. Evaluasi diri adalah estimasi atau penilaian diri sendiri tentang seberapa positifnya berbagai atributyang kita miliki, dan selanjutnya kita bandingkan dengan teman sebaya.
c.       Dalam buku ini di ajarkan, sebelum berhasil mempengaruhi orang lain, kita harus bisa mendengarkan serta memahami orang lain dengan baik.
d.      Harus pandai berkomunikasi, serta kompeten dalam suatu hal.

6.      Artikel Reflektif
Aliran Jati Diri
            Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri karena dalam hidupnya selalu bersinggungan satu sama lain. Dalam kehidupan sosial, manusia mempunyai pengaruh yang pada dasarnya telah ada pada masing-masing individu.
            Sebelum mampu bersosialisasi dengan baik tentu kita juga harus memahami terlebih dahulu karakter yang ada dalam diri kita. Dari pengalaman pribadi saya yang masih berusaha menjajaki serta berusaha melakukan komunikasi yang baik, evaluasi diri memang diperlukan untuk  mengetahui potensi atau karakter yang kita miliki
            Evaluasi tersebut membuat kita tahu, apa hal positif serta hal negative yang terdapat dalam diri kita. Kita bisa memaksimalkan potensi positif serta meminimalisir potensi negative yang kita miliki.
            Setelah kita mengetahui hasil evaluasi tersebut, kita bisa meningkatkan kemampuan bersosialisasi, pada orang di sekitar kita. Saat berinteraksi terjadi komunikasi dua arah. Saat satu pihak sedang berbicara, tentu pihak lain menjadi pendengar. Agar proses komunikasi berjalan seimbang, kita harus menjadi pendengar yang baik. Terdapat ungkapan, bahwa kita diberikan dua telinga dan satu mulut, agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Mendengar dengan baik lebih diutamakan daripada jika kita berusaha mendominasi pembicaraan agar terlihat akrab. Hal ini dapat membantu kita untuk memahami orang lain, memahami topik pembicaraan, serta memahami permasalahan yang sedang dibicarakan.
            Kepercayaan orang dapat dilakukan saat kita sudah berhasil memahami orang tersebut. Jika kita kompeten dan dapat diandalkan orang akan memberikan nilai lebih terhadap kita.  

7.      Puisi Reflektif
                                                          Bayang Diri

Hati masih lapang
Pikir masih melayang
Cinta sudah hilang

Cahaya yang terang benderang terasa suram
Cangkang kuat transparan terasa buram
Rasa yang datang terasa masam

Rindu tak ingin menghambur
Karena rintiknya membuat kabur
Pandangku tidak teratur

Impian hanya bayangan
Angan masih di kahyangan
Derita dan cinta kabur dalam khayalan

TUGAS 2 : MENGANALISIS STRUKTUR TEKS DAN CIRI BAHASA

TEKS EKSPOSISI 1
FAKTA HUKUM DI INDONESIA

Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.
Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.
Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.
Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor.

ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN
1.      Analisis Struktur Teks Eksposisi
1.
Fakta Hukum di Indonesia
Judul
2.
Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.
Tesis
3.
Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.
Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.
Argumen
4.
Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor.
Penegasan Ulang

2.      Analisis Ciri Bahasa Teks Eksposisi
No.
Ciri
Contoh
1.
Menggunakan pengulangan kata
Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.
2.
Menggunakan konjungsi pertentangan
Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.
3.
Menggunakkan pronomina persona dan nonpersona
·         Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas.
·         Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil.
4.
Menggunakan verba (kata kerja),nomina (kata benda) ,adjektiva (kata sifat), dan adverbia (kata keterangan tempat)
·         Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.
·         Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara.
·         Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.
·         Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil.






TEKS EKSPOSISI 2
PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA
                         
Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Yang mana, kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.
Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.
Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini. Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.
Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan. Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.
Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.
Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.
Akan tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.
Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.





ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN
1.      Analisis Struktur Teks Eksposisi 4
1.
Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia
Judul
2.
Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Yang mana, kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.
Tesis
3.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.
Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.
Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini. Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.
Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan. Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.
Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.
Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.
Argumen
4.
Akan tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.
Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.
Penegasan Ulang




2.      Analisis Ciri Bahasa Teks Eksposisi
No.
Ciri
Contoh
1.
Menggunakan pengulangan kata
Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia
2.
Menggunakan konjungsi sebab akibat dan konjungsi gabungan
Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.
Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif.
3.
Menggunakan pronomina nonpersona
Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan.
4.
Menggunakan verba (kata kerja),nomina turunan(kata benda) ,adjektiva (kata sifat), dan adverbia (kata keterangan waktu)
·      Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.
·      Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.
·      Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. 
·      Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan.




TUGAS 3 : MENULIS RESENSI BUKU BARU DAN MENGOMENTARI RESENSI TEMAN

A. MENULIS RESENSI BUKU BARU 


Menjadi Seorang Pribadi yang Berkesan
Oleh Riski Wahyu Oktaviani
1.      Identitas buku
Judul                : Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan
Penulis             : Widarko Bangkit
Penerbit           : Laksana
Tahun terbit     : 2014
Tebal buku      : 190 halaman
ISBN                : 9786022556442
2.      Resensi buku
Manusia dikenal sebagai makhluk sosial. Tentunya dengan sebutan seperti itu manusia sudah pasti berinteraksi dengan sesamanya. Namun dalam kehidupan yang singkat ini tentu kita ingin bahwa kebaikan-kebaikan yang kita lakukan selama hidup dapat dikenang oleh orang lain. Dalam kehidupan sosial manusia memiliki pengaruh dalam diri mereka masing-masing.
Dalam buku ini Widarko Bangkit, seorang penulis yang aktif dalam kegiatan sosial memberikan pemaparan yang gamblang mengenai trik-trik untuk menjadi pribadi yang tidak mudah terlupakan. Disertai dengan seni dan taktik untuk mempengaruhi orang lain yang dapat diterapkan untuk segala profesi.
Buku setebal 190 halaman ini memiliki bahasa yang sangat sederhana, sehingga akan mudah dicerna bagi siapa saja yang membacanya. Buku Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan berisi lima bab. Pertama , tentang pengaruh seseorang yang pada dasarnya telah ada pada diri masing-masing. Kedua , membahas seni dan taktik memengaruhi orang lain. Ketiga, bagaimana cara membuat sifat Anda disukai banyak orang. Keempat, belajar dari tokoh tentang bagaimana mereka berkarya dan berjuang hingga tidak pernah dilupakan oleh sejarah. Kelima, berisi tentang tips untuk menjadi pribadi yang tidak mudah dilupakan, yang mana kualitas dan pengembangan diri lebih ditekankan. Untuk menjadi orang yang tak terlupakan kita harus menjadi pribadi yang hebat, berpengaruh, dan bermanfaat untuk khalayak. Sedangkan bab terakhir juga tak kalah menariknya, karena merupakan inti dari buku tersebut. Dari semua pembahasan berisi tentang ajakan untuk selalu berbuat baik, dan banyak sekali hal yang bisa kita ambil pelajarannya.
 Buku pengembangan diri masih belum banyak dikenal oleh masyarakat. Buku ini tergolong buku yang sudah banyak dipasaran, karena mengangkat tema yang sudah umum yaitu memotivasi diri. Beberapa sub-topik sudah umum diketahui. Meski begitu yang satu ini benar-benar berbeda, karena dari banyaknya buku pendahulunya, buku ini dengan gaya bahasanya yang sederhana sama sekali tidak menggurui pembacanya. Ingat! Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjadi orang yang tak terlupakan, dengan diri kita sendiri sebagai aktor utamanya. Seberapa besar kemauan kita melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang banyak? Kekuatan dari dalam diri kitalah yang mampu mewujudkannya. Yakinlah bahwa orang yang melakukan kebaikan akan selalu mendapatkan tempat terbaik. Semoga kita bias menjadi orang yang tidak terlupakan, karena kebaikan-kebaikan kita.

B. MENGOMENTARI RESENSI TEMAN

Mengomentari Resensi Teman
I.                   Resensi Teman
NAMA                        : ELVINNA VIDYASARI
OFF/NIM                    : AA/160211601821

Judul Resensi              : Muslimah Seutuhnya
1.      Identitas Buku
Judul Buku                  : Muslimah Cantik Luar Dalam
Nama Pengarang         : Islahunnisa’ (Rica Novianti)
Nama Penerbit                        : Aqwamedika
Ketebalan Buku          : 20.5 cm
Jumlah halaman           : 120 hlm        
Tahun terbit                 : 2012

Buku ini ditulis oleh Rica Novianti. Buku ini menceritakan tentang islam tidak mengukur kecantikan dari penampilan luar saja, tetapi juga dilihat dari hati dan akhlaknya. Ada yang lebih bermakna daripada sekadar paras muka dan tubuh. Buku ini tidak hanya memuat filososfi kecantikan,tetapi buku ini juga membimbing anda merawat kecantikan.Baik kecantikan lahir maupun batin.

2.      Sinopsis Buku
Buku ini berisi tentang kiat-kiat kecantikan muslimah yang tidak hanya dilihat dari luar (fisik) tetapi dilihat juga kecantikan dari dalam (hati). Selain itu, buku ini juga membimbing untuk merawat kecantikan baik lahir maupun batin. Pada dasarnya, setiap wanita diberikan Allah potensi kecantikan yang inheren pada dirinya. Buku ini juga memberikan cara menghargai diri sendiridengan mengetahui hakikat cantik yang sesungguhnya.
Kecantikan itu subjektif tergantung pada siapa yang merasa dan siapa yang menilai.Kecantikan juga bersifat relatif, tergantung pada standar yang telah dibentuk oleh budaya,media,lingkungan dan persepsi masyarakat juga prespektif seseorang. Standar kecantikan tidak bisa dibakukan. Bisa jadi ukuran cantik di masa kini akan berubah seiring berjalanannya waktu di masa depan.
Muslimah idaman adalah muslimah yang percaya pada kemampuan dirinya serta selalu mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan padanya. Kecantikan bukanlah tolok ukur bagi sebuah kebahagiaan, namun kecantikan sejati bersumber dari hati. Cantik tidak harus melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri, kecantikan yang hakiki dimulai dari hati yang bersih dan murni.
Selain kecantikan dari dalam, kecantikan dari luar juga penting. Dalam buku ini diberikan tips-tips merawat kecantikan dari luar dengan bahan-bahan alami. Selanjutnya di bab penutup penulis memaparkan materi tentang pernikahan. Materi ini sangat cocok dengan materi sebelumnya tentang kecantikan wanita dari dalam dan dari luar. Wanita yang cantik luar dalam akan sangat dibutuhkan saat menikah nanti. Dalam buku ini juga disebutkan ayat Al-Quran untuk memperkuat pendapat penulis, serta ada juga hadist-hadist yang dituliskan dalam buku ini.
Kelebihan buku ini adalah buku ini sangat memberi motivasi pada para wanita  bahwa semua wanita itu cantik. Buku ini juga memberi tips-tips tentang bagaimana membuat kosmetik dari bahan alami yang mudah dibuat. Buku ini menguatkan hati wanita muslimah untuk yakin bahwa semua wanita cantik. Bahasa yang digunakan dalam buku ini cocok sekali dengan anak muda. Bahasanya mudah dimengerti dan komunikatif.
Kekurangan buku ini adalah kebanyakan membahas tentang kecantikan luar saja, tidak sinkron dengan judul. Buku ini juga tidak banyak membahas tentang cara muslimah berpenampilan, beribadah,dan lain sebagainya. Buku ini hanya menceritakan sedikit kecantikan dari dalam. Isi dari buku ini tidak seimbang antara kecantikan dari dalamdan kecantikan dari luar.
Jadi, buku ini cocok untuk remaja muslimah yang ingin tahu apa arti cantik yang sebenarnya. Buku ini juga bermanfaat untuk panduan membuat kosmetik dari bahan alami yang mudah untuk dibuat. Buku ini sangat membantuk perempuan muslimah untuk merenungkan sebuah arti kecantikan yang sesungguhnya.

II.                Komentar

Nama         : Riski Wahyu Oktaviani
NIM          : 160211601900

      Identitas buku sudah lengkap. Namun, masih belum mencantumkan kredibilitas penulis dan kredibilitas penerbit. Sinopsis buku telah mencakup isi keseluruhan. Bahasa yang digunakan dalam resensi ini merupakan bahasa baku dan masih kaku. Penggunaan bahasa masih kurang tajam. Namun, telah mencantumkan kelebihan dan kekurangan buku dengan seksama
 

TUGAS 4 : JURNAL REFLEKTIF

Jurnal Reflektif Matakuliah Membaca Informatif
Riski Wahyu Oktaviani
Universitas Negeri Malang
Viani61097@gmail.com
            Saat pertemuan pertama matakuliah Membaca Teks Non-Ilmiah atau Membaca Informatif disebutkan di dalam rencana pembelajaran bahwa mahasiswa diharuskan membaca 10 buah buku, membuat peta konsep, serta membuat beberapa jenis pertanyaan terkait dengan 10 buku yang kit abaca tersebut. Tugas ini menurut saya pribadi telah membuat saya melihat buku nonfiksi yang bersifat informatif. Saya sebelumnya lebih suka membaca  buku fiksi yang dapat memberikan tempat bagi pikiran saya untuk berimajinasi tentang alur serta adegan yang terdapat pada buku fiksi. Namun, setelah saya diberi tugas membaca buku informatif serta memahaminya dengan baik, saya mulai tertarik membaca buku atau teks informatif. Buku atau teks informatif tersebut memberikan wawasan baru mengenai berbagai hal yang sebelumnya tidak saya ketahui. Selain itu, kemampuan saya dalam  menganalisis serta memberikan berbagai jenis pertanyaan mengenai buku tersebut menjadi terasah.
            Tugas selanjutnya adalah  membedakan teks ilmiah dan teks nonilmiah. Setelah diberikan tugas ini saya mengetahui perbedaan antara teks ilmiah dan teks nonlimiah. Hal ini sangat berguna bagi saya karena sebelumnya saya samasekali tidak mengerti perbedaannya. Namun, dengan adanya hal ini saya menjadi tahu dan paham hal tersebut.
            Setelah itu, ada tugas untuk menjawab soal essai dari teks reflektif. Dengan adanya tugas tersebut, saya menjadi lebih teliti, lebih hati-hati serta membaca dengan memahami sepenuhnya. Soal yang diberikan dari teks tersebut tidak terlalu sulit dan tertera  di dalam teks. Meski begitu masih banyak mahasiswa yang salah dalam mengerjakan soal tersebut, sehingga meski terlihat mudah, tetap membutuhkan ketelitian serta kecermatan dalam mengerjakannya.
            Tugas merefleksi sebuah buku yang diberikan membuat saya mengerti bahwa sebuah buku tidak hanya untuk sekedar dibaca. Namun, kita harus memahami serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari.  Hal ini tentu memberikan manfaat yang besar bagi saya. Sebelumnya saya hanya membaca buku tersebut, dan memahimnya. Selanjutnya, tidak ada tindak lanjut dalam tidakan atau perubahan yang berarti setelah itu. Namun, setelah diberikan tugas ini saya menjadi tahu bahwa kita harus menerapkan ilmu yang telah kita dapatkan da

 

1 komentar:

  1. yang cermat dalam hal ejaan dan tanda baca ya.
    Teruslah membaca dan berkarya!

    BalasHapus