1I.
Identitas
buku
Judul : Jadikan Dirimu Orang Yang Tak
Terlupakan
Penulis : Widarko Bangkit
Penerbit : Laksana
Tahun
terbit : 2014
Tebal
buku : 190 halaman
ISBN : 9786022556442
2.
Evaluasi
buku
Buku ini ditulis oleh pengarang yang
ahli di bidang motivasi. Penulis sering memberikan motivasi melalui media
sosial dan telah lama bergelut di bidang motivasi. Penerbit buku terpercaya.
Buku telah mendapatkn nomor ISBN (9786022556442) berupa pengembangan diri atau
motivasi. Pengarang menyertakan rujukan. Daftar rujukan yang ditulis telah
sesuai dengan kaidah penulisan rujukan, dengan mencantumkan tahun terbit.
Rujukan yang digunakan berupa buku, sehingga rujukan tersebut kredibel dan
dapat dipertanggungjawabkan.
3.
Catatan
tentang kredibilitas
Buku yang berisi motivasi ini ditulis
oleh Widarko Bangkit. Widarko Bangkit telah lama berkecimpung di dunia
tulis-menulis, yang berkaitan dengan pengembangan diri dan motivasi. Selain
menerbitkan buku Jadikan Dirimu Orang yang Tak Terlupakan, Widarko telah
menerbitkan buku bertajuk “Sukses itu” serta karya-karya lain yang telah
diterbitkan. Penulis merupakan seorang yang ahli di bidang motivasi. Penulis
sering memberikan motivasi melalui media sosial. Motivasi yang telah ditulis
oleh Widarko dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang yang membacanya.
4.
Ikhtisar
Manusia
dikenal sebagai makhluk sosial. Tentunya dengan sebutan seperti itu manusia
sudah pasti berinteraksi dengan sesamanya. Namun dalam kehidupan yang singkat
ini tentu kita ingin bahwa kebaikan-kebaikan yang kita lakukan selama hidup
dapat dikenang oleh orang lain. Dalam kehidupan sosial manusia memiliki
pengaruh dalam diri mereka masing-masing.
Dalam
buku ini Widarko Bangkit, seorang penulis yang aktif dalam kegiatan sosial
memberikan pemaparan yang gamblang mengenai trik-trik untuk menjadi pribadi
yang tidak mudah terlupakan. Disertai dengan seni dan taktik untuk mempengaruhi
orang lain yang dapat diterapkan untuk segala profesi.
Buku
setebal 190 halaman ini memiliki bahasa yang sangat sederhana, sehingga akan
mudah dicerna bagi siapa saja yang membacanya. Buku Jadikan Dirimu Orang Yang
Tak Terlupakan berisi lima bab. Pertama , tentang pengaruh seseorang yang pada
dasarnya telah ada pada diri masing-masing. Kedua , membahas seni dan taktik
memengaruhi orang lain. Ketiga, bagaimana cara membuat sifat Anda disukai
banyak orang. Keempat, belajar dari tokoh tentang bagaimana mereka berkarya dan
berjuang hingga tidak pernah dilupakan oleh sejarah. Kelima, berisi tentang
tips untuk menjadi pribadi yang tidak mudah dilupakan, yang mana kualitas dan
pengembangan diri lebih ditekankan. Untuk menjadi orang yang tak terlupakan
kita harus menjadi pribadi yang hebat, berpengaruh, dan bermanfaat untuk
khalayak. Sedangkan bab terakhir juga tak kalah menariknya, karena merupakan
inti dari buku tersebut. Dari semua pembahasan berisi tentang ajakan untuk
selalu berbuat baik, dan banyak sekali hal yang bisa kita ambil pelajarannya. Ingat!
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjadi orang yang tak terlupakan,
dengan diri kita sendiri sebagai aktor utamanya. Seberapa besar kemauan kita
melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang banyak? Kekuatan dari dalam diri
kitalah yang mampu mewujudkannya. Yakinlah bahwa orang yang melakukan kebaikan
akan selalu mendapatkan tempat terbaik. Semoga kita bias menjadi orang yang
tidak terlupakan, karena kebaikan-kebaikan kita.
5.
Nilai-nilai
reflektif
a.
Buku
ini membuat kita merenung tentang karakter diri kita yang dapat ditangkap oleh
orang lain yang berinteraksi dengan kita. Apa kita berkarakter baik ataukah
tidak.
b.
Di
dalam buku ini berisi evaluasi diri. Evaluasi diri adalah estimasi atau
penilaian diri sendiri tentang seberapa positifnya berbagai atributyang kita
miliki, dan selanjutnya kita bandingkan dengan teman sebaya.
c.
Dalam
buku ini di ajarkan, sebelum berhasil mempengaruhi orang lain, kita harus bisa
mendengarkan serta memahami orang lain dengan baik.
d.
Harus
pandai berkomunikasi, serta kompeten dalam suatu hal.
6.
Artikel
Reflektif
Aliran Jati Diri
Manusia
diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri karena dalam
hidupnya selalu bersinggungan satu sama lain. Dalam kehidupan sosial, manusia
mempunyai pengaruh yang pada dasarnya telah ada pada masing-masing individu.
Sebelum
mampu bersosialisasi dengan baik tentu kita juga harus memahami terlebih dahulu
karakter yang ada dalam diri kita. Dari pengalaman pribadi saya yang masih
berusaha menjajaki serta berusaha melakukan komunikasi yang baik, evaluasi diri
memang diperlukan untuk mengetahui
potensi atau karakter yang kita miliki
Evaluasi
tersebut membuat kita tahu, apa hal positif serta hal negative yang terdapat
dalam diri kita. Kita bisa memaksimalkan potensi positif serta meminimalisir
potensi negative yang kita miliki.
Setelah
kita mengetahui hasil evaluasi tersebut, kita bisa meningkatkan kemampuan
bersosialisasi, pada orang di sekitar kita. Saat berinteraksi terjadi
komunikasi dua arah. Saat satu pihak sedang berbicara, tentu pihak lain menjadi
pendengar. Agar proses komunikasi berjalan seimbang, kita harus menjadi
pendengar yang baik. Terdapat ungkapan, bahwa kita diberikan dua telinga dan
satu mulut, agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Mendengar
dengan baik lebih diutamakan daripada jika kita berusaha mendominasi
pembicaraan agar terlihat akrab. Hal ini dapat membantu kita untuk memahami
orang lain, memahami topik pembicaraan, serta memahami permasalahan yang sedang
dibicarakan.
Kepercayaan
orang dapat dilakukan saat kita sudah berhasil memahami orang tersebut. Jika
kita kompeten dan dapat diandalkan orang akan memberikan nilai lebih terhadap
kita.
7.
Puisi
Reflektif
Bayang
Diri
Hati masih lapang
Pikir masih melayang
Cinta sudah hilang
Cahaya yang terang benderang terasa
suram
Cangkang kuat transparan terasa buram
Rasa yang datang terasa masam
Rindu tak ingin menghambur
Karena rintiknya membuat kabur
Pandangku tidak teratur
Impian hanya bayangan
Angan masih di kahyangan
Derita dan cinta kabur dalam khayalan
TUGAS 2 : MENGANALISIS STRUKTUR TEKS DAN CIRI BAHASA
TEKS
EKSPOSISI 1
FAKTA HUKUM DI INDONESIA
Semestinya
hukum di Indonesia sebagaimana yang diatur pada Undang-undang sudah secara
tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. Akan tetapi,
faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak
orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan
dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.
Bukan
menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman
yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan
tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.
Seringkali
kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar
masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia
dikeroyok masa sampai tewas.
Hukum
di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya
kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri
kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis
dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima
oleh koruptor.
|
ANALISIS
STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN
1.
Analisis
Struktur Teks Eksposisi
1.
|
Fakta Hukum di
Indonesia
|
Judul
|
2.
|
Semestinya
hukum di Indonesia sebagaimana yang diatur pada Undang-undang sudah secara
tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.
Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat
merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul
ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.
|
Tesis
|
3.
|
Bukan
menjadi rahasia umum lagi bahwa para
koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang
ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah
padahal sudah dianggap merugikan negara.
Seringkali kita melihat berita
bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas.
Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok masa
sampai tewas.
|
Argumen
|
4.
|
Hukum di Indonesia
itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil.
Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena
diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara.
Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman
yang akan diterima oleh koruptor.
|
Penegasan
Ulang
|
2.
Analisis
Ciri Bahasa Teks Eksposisi
No.
|
Ciri
|
Contoh
|
1.
|
Menggunakan
pengulangan kata
|
Semestinya
hukum di Indonesia
sebagaimana yang diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur
hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. Akan tetapi, faktanya kerapkali
terjadi ketidakadilan hukum
yang dapat merugikan banyak orang. Hukum
bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan
koruptor, itulah terjadi saat ini.
|
2.
|
Menggunakan
konjungsi pertentangan
|
Akan tetapi,
faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak
orang. Hukum bisa saja tegas, namun
menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi
saat ini.
|
3.
|
Menggunakkan
pronomina persona dan nonpersona
|
·
Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan
penjambret dihajar masa hingga tewas.
·
Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas
dihadapan rakyat kecil.
|
4.
|
Menggunakan
verba (kata kerja),nomina (kata benda) ,adjektiva (kata sifat), dan adverbia
(kata keterangan tempat)
|
·
Semestinya hukum di Indonesia
sebagaimana yang diatur
pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur
hukuman untuk para pelaku tindak
kejahatan.
·
Kasusnya hanya karena diduga
mencuri kayu, ia terancam
dengan hukuman selama lima tahun penjara.
·
Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan
dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.
·
Hukum
di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas
dihadapan rakyat kecil.
|
TEKS
EKSPOSISI 2
PERUBAHAN
KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA
Sistem
pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat
signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan
dalam dunia pendidikan Indonesia. Yang mana, kurikulum 2006 yang sudah lama
digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah
menggunakan kurikulum tersebut.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan
bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki
akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.
Terjangkaunya
distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan
kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus
pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi
pendekatan ilmiah.
Tidak
hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses
belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada
manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini. Khususnya mengacu pada proses
belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba
atau mencipta.
Musliar
Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa
Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan. Karena selama
ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan
kreativitas.
Melalui
Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang
produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa
dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.
Anggota
Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini
mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah
air dan bangsanya.
Tidak
hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses
pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai
bangsa Indonesia dan berkualitas.
Akan
tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini.
Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.
Bahkan,
ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata
pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Walaupun mata pelajaran
yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan
pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran
tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.
|
ANALISIS
STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN
1.
Analisis
Struktur Teks Eksposisi 4
1.
|
Perubahan
Kurikulum Pendidikan di Indonesia
|
Judul
|
2.
|
Sistem pendidikan
Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan.
Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia
pendidikan Indonesia. Yang mana, kurikulum 2006 yang
sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua
sekolah menggunakan kurikulum tersebut.
|
Tesis
|
3.
|
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan
bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada
sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf
Internasional.
Terjangkaunya distribusi buku
juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013.
Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan
sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.
Tidak
hanya itu, kurikulum 2013 juga
menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada
pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk
mengelola alam ini. Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang
dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.
Musliar
Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan
praktik daripada hafalan. Karena selama ini, siswa banyak dibebani
hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.
Melalui Kurikulum 2013 ini,
pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif,
inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap
siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.
Anggota
Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk
mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.
Tidak hanya itu, kurikulum 2013
juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran,
sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa
Indonesia dan berkualitas.
|
Argumen
|
4.
|
Akan
tetapi, banyak juga dari masyarakat
yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini
dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.
Bahkan,
ada yang berpendapat kurikulum ini
kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi
pokok yang berbeda. Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat
lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa
akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh
dan dibuat secara terpisah-pisah.
|
Penegasan
Ulang
|
2.
Analisis
Ciri Bahasa Teks Eksposisi
No.
|
Ciri
|
Contoh
|
1.
|
Menggunakan
pengulangan kata
|
Sistem
pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang
digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia
|
2.
|
Menggunakan
konjungsi sebab akibat dan konjungsi gabungan
|
Karena
selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang
menumbuhkan kreativitas.
Melalui
Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang
produktif, kreatif, inovatif dan
afektif.
|
3.
|
Menggunakan
pronomina nonpersona
|
Sistem
pendidikan Indonesia saat ini
mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan.
|
4.
|
Menggunakan
verba (kata kerja),nomina turunan(kata benda) ,adjektiva (kata sifat), dan
adverbia (kata keterangan waktu)
|
· Khususnya
mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau
mencipta.
· Perubahan
tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.
· Melalui
Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif.
· Sistem
pendidikan Indonesia saat ini
mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan.
|
TUGAS 3 : MENULIS RESENSI BUKU BARU DAN MENGOMENTARI RESENSI TEMAN
A. MENULIS RESENSI BUKU BARU
Menjadi Seorang Pribadi yang
Berkesan
Oleh
Riski Wahyu Oktaviani
1.
Identitas
buku
Judul : Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan
Penulis : Widarko Bangkit
Penerbit : Laksana
Tahun terbit : 2014
Tebal buku : 190 halaman
ISBN : 9786022556442
2.
Resensi
buku
Manusia
dikenal sebagai makhluk sosial. Tentunya dengan sebutan seperti itu manusia
sudah pasti berinteraksi dengan sesamanya. Namun dalam kehidupan yang singkat
ini tentu kita ingin bahwa kebaikan-kebaikan yang kita lakukan selama hidup
dapat dikenang oleh orang lain. Dalam kehidupan sosial manusia memiliki
pengaruh dalam diri mereka masing-masing.
Dalam buku ini Widarko
Bangkit, seorang penulis yang aktif dalam kegiatan sosial memberikan pemaparan
yang gamblang mengenai trik-trik untuk menjadi pribadi yang tidak mudah
terlupakan. Disertai dengan seni dan taktik untuk mempengaruhi orang lain yang
dapat diterapkan untuk segala profesi.
Buku setebal 190
halaman ini memiliki bahasa yang sangat sederhana, sehingga akan mudah dicerna
bagi siapa saja yang membacanya. Buku Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan
berisi lima bab. Pertama , tentang pengaruh seseorang yang pada dasarnya telah
ada pada diri masing-masing. Kedua , membahas seni dan taktik memengaruhi orang
lain. Ketiga, bagaimana cara membuat sifat Anda disukai banyak orang. Keempat,
belajar dari tokoh tentang bagaimana mereka berkarya dan berjuang hingga tidak
pernah dilupakan oleh sejarah. Kelima, berisi tentang tips untuk menjadi
pribadi yang tidak mudah dilupakan, yang mana kualitas dan pengembangan diri
lebih ditekankan. Untuk menjadi orang yang tak terlupakan kita harus menjadi
pribadi yang hebat, berpengaruh, dan bermanfaat untuk khalayak. Sedangkan bab
terakhir juga tak kalah menariknya, karena merupakan inti dari buku tersebut.
Dari semua pembahasan berisi tentang ajakan untuk selalu berbuat baik, dan
banyak sekali hal yang bisa kita ambil pelajarannya.
Buku pengembangan diri masih belum banyak
dikenal oleh masyarakat. Buku ini tergolong buku yang sudah banyak dipasaran,
karena mengangkat tema yang sudah umum yaitu memotivasi diri. Beberapa
sub-topik sudah umum diketahui. Meski begitu yang satu ini benar-benar berbeda,
karena dari banyaknya buku pendahulunya, buku ini dengan gaya bahasanya yang
sederhana sama sekali tidak menggurui pembacanya. Ingat! Banyak cara yang dapat
kita lakukan untuk menjadi orang yang tak terlupakan, dengan diri kita sendiri
sebagai aktor utamanya. Seberapa besar kemauan kita melakukan hal-hal yang
bermanfaat untuk orang banyak? Kekuatan dari dalam diri kitalah yang mampu
mewujudkannya. Yakinlah bahwa orang yang melakukan kebaikan akan selalu
mendapatkan tempat terbaik. Semoga kita bias menjadi orang yang
tidak terlupakan, karena kebaikan-kebaikan
kita.
B. MENGOMENTARI RESENSI TEMAN
Mengomentari
Resensi Teman
I.
Resensi
Teman
NAMA :
ELVINNA VIDYASARI
OFF/NIM : AA/160211601821
1.
Identitas Buku
Judul
Buku :
Muslimah Cantik Luar Dalam
Nama
Pengarang : Islahunnisa’ (Rica
Novianti)
Nama
Penerbit : Aqwamedika
Ketebalan
Buku : 20.5 cm
Jumlah
halaman : 120 hlm
Tahun
terbit : 2012
Buku ini ditulis oleh
Rica Novianti. Buku ini menceritakan tentang islam tidak mengukur kecantikan
dari penampilan luar saja, tetapi juga dilihat dari hati dan akhlaknya. Ada
yang lebih bermakna daripada sekadar paras muka dan tubuh. Buku ini tidak hanya
memuat filososfi kecantikan,tetapi buku ini juga membimbing anda merawat
kecantikan.Baik kecantikan lahir maupun batin.
2.
Sinopsis Buku
Buku
ini berisi tentang kiat-kiat kecantikan muslimah yang tidak hanya dilihat dari
luar (fisik) tetapi dilihat juga kecantikan dari dalam (hati). Selain itu, buku
ini juga membimbing untuk merawat kecantikan baik lahir maupun batin. Pada
dasarnya, setiap wanita diberikan Allah potensi kecantikan yang inheren pada
dirinya. Buku ini juga memberikan cara menghargai diri sendiridengan mengetahui
hakikat cantik yang sesungguhnya.
Kecantikan
itu subjektif tergantung pada siapa yang merasa dan siapa yang menilai.Kecantikan
juga bersifat relatif, tergantung pada standar yang telah dibentuk oleh
budaya,media,lingkungan dan persepsi masyarakat juga prespektif seseorang.
Standar kecantikan tidak bisa dibakukan. Bisa jadi ukuran cantik di masa kini
akan berubah seiring berjalanannya waktu di masa depan.
Muslimah
idaman adalah muslimah yang percaya pada kemampuan dirinya serta selalu
mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan padanya. Kecantikan bukanlah tolok
ukur bagi sebuah kebahagiaan, namun kecantikan sejati bersumber dari hati.
Cantik tidak harus melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri, kecantikan
yang hakiki dimulai dari hati yang bersih dan murni.
Selain
kecantikan dari dalam, kecantikan dari luar juga penting. Dalam buku ini
diberikan tips-tips merawat kecantikan dari luar dengan bahan-bahan alami.
Selanjutnya di bab penutup penulis memaparkan materi tentang pernikahan. Materi
ini sangat cocok dengan materi sebelumnya tentang kecantikan wanita dari dalam
dan dari luar. Wanita yang cantik luar dalam akan sangat dibutuhkan saat
menikah nanti. Dalam buku ini juga disebutkan ayat Al-Quran untuk memperkuat
pendapat penulis, serta ada juga hadist-hadist yang dituliskan dalam buku ini.
Kelebihan
buku ini adalah buku ini sangat memberi motivasi pada para wanita bahwa semua wanita itu cantik. Buku ini juga
memberi tips-tips tentang bagaimana membuat kosmetik dari bahan alami yang
mudah dibuat. Buku ini menguatkan hati wanita muslimah untuk yakin bahwa semua
wanita cantik. Bahasa yang digunakan dalam buku ini cocok sekali dengan anak
muda. Bahasanya mudah dimengerti dan komunikatif.
Kekurangan
buku ini adalah kebanyakan membahas tentang kecantikan luar saja, tidak sinkron
dengan judul. Buku ini juga tidak banyak membahas tentang cara muslimah
berpenampilan, beribadah,dan lain sebagainya. Buku ini hanya menceritakan
sedikit kecantikan dari dalam. Isi dari buku ini tidak seimbang antara
kecantikan dari dalamdan kecantikan dari luar.
Jadi,
buku ini cocok untuk remaja muslimah yang ingin tahu apa arti cantik yang
sebenarnya. Buku ini juga bermanfaat untuk panduan membuat kosmetik dari bahan
alami yang mudah untuk dibuat. Buku ini sangat membantuk perempuan muslimah
untuk merenungkan sebuah arti kecantikan yang sesungguhnya.
II.
Komentar
Nama : Riski Wahyu Oktaviani
NIM : 160211601900
Identitas buku sudah lengkap. Namun, masih
belum mencantumkan kredibilitas penulis dan kredibilitas penerbit. Sinopsis
buku telah mencakup isi keseluruhan. Bahasa yang digunakan dalam resensi ini merupakan
bahasa baku dan masih kaku. Penggunaan bahasa masih kurang tajam. Namun, telah
mencantumkan kelebihan dan kekurangan buku dengan seksama
TUGAS 4 : JURNAL REFLEKTIF
Jurnal Reflektif Matakuliah Membaca
Informatif
Riski
Wahyu Oktaviani
Universitas
Negeri Malang
Viani61097@gmail.com
Saat pertemuan pertama matakuliah
Membaca Teks Non-Ilmiah atau Membaca Informatif disebutkan di dalam rencana
pembelajaran bahwa mahasiswa diharuskan membaca 10 buah buku, membuat peta
konsep, serta membuat beberapa jenis pertanyaan terkait dengan 10 buku yang kit
abaca tersebut. Tugas ini menurut saya pribadi telah membuat saya melihat buku
nonfiksi yang bersifat informatif. Saya sebelumnya lebih suka membaca buku fiksi yang dapat memberikan tempat bagi
pikiran saya untuk berimajinasi tentang alur serta adegan yang terdapat pada
buku fiksi. Namun, setelah saya diberi tugas membaca buku informatif serta
memahaminya dengan baik, saya mulai tertarik membaca buku atau teks informatif.
Buku atau teks informatif tersebut memberikan wawasan baru mengenai berbagai
hal yang sebelumnya tidak saya ketahui. Selain itu, kemampuan saya dalam menganalisis serta memberikan berbagai jenis
pertanyaan mengenai buku tersebut menjadi terasah.
Tugas selanjutnya adalah membedakan teks ilmiah dan teks nonilmiah.
Setelah diberikan tugas ini saya mengetahui perbedaan antara teks ilmiah dan
teks nonlimiah. Hal ini sangat berguna bagi saya karena sebelumnya saya samasekali
tidak mengerti perbedaannya. Namun, dengan adanya hal ini saya menjadi tahu dan
paham hal tersebut.
Setelah itu, ada tugas untuk
menjawab soal essai dari teks reflektif. Dengan adanya tugas tersebut, saya
menjadi lebih teliti, lebih hati-hati serta membaca dengan memahami sepenuhnya.
Soal yang diberikan dari teks tersebut tidak terlalu sulit dan tertera di dalam teks. Meski begitu masih banyak
mahasiswa yang salah dalam mengerjakan soal tersebut, sehingga meski terlihat
mudah, tetap membutuhkan ketelitian serta kecermatan dalam mengerjakannya.
Tugas merefleksi sebuah buku yang
diberikan membuat saya mengerti bahwa sebuah buku tidak hanya untuk sekedar
dibaca. Namun, kita harus memahami serta merefleksikannya dalam kehidupan
sehari-hari. Hal ini tentu memberikan
manfaat yang besar bagi saya. Sebelumnya saya hanya membaca buku tersebut, dan
memahimnya. Selanjutnya, tidak ada tindak lanjut dalam tidakan atau perubahan
yang berarti setelah itu. Namun, setelah diberikan tugas ini saya menjadi tahu
bahwa kita harus menerapkan ilmu yang telah kita dapatkan da
yang cermat dalam hal ejaan dan tanda baca ya.
BalasHapusTeruslah membaca dan berkarya!