Senin, 15 Mei 2017

Mahardini Yustika S



NAMA   : MAHARDINI Y.S
NIM       : 160211601827
 

Tugas 1



Identitas Buku :


Judul buku                            : Beautypreneurship – Cantiknnya Bisnis Kecantikan
Penulis                                  : Eva Sativa Nilawati
Penerbit                                : C.V ANDI OFFSET (Andi Yogyakarta)
Tahun dan tempat terbit    : 2010, Yogyakarta
Jumlah Halaman                                : 191

Catatan tentang Kredibilitas Buku
Buku ini ditulis oleh Eva Sativa Nilawati, penulis buku yang telah menulis beberapa buku tentang bisnis yaitu antara lain: buku berjudul Pesona Bisnis Batik Unik dan Eksotik, Passion and Love in Fashionpreneurship, Kaya dan Gaya Via Facebook, dan banyak lagi yang lainnya. Banyak sekali karyanya yang membahas tentang bisnis. Buku ini diterbitkan oleh C.V ANDI OFFSET (Andi Yogyakarta), yang telah menerbitkan banyak buku, misalnya  buku berjudul 100+Permainan Tradisional Indonesia: Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan keakraban oleh A. Husna M, buku Refactoring pada Object Oriented Software dan Object Database oleh Jhon Irwano, dll, sehingga tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.

Ikhtisar
                Peluang bisnis kecantikan masih terbuka lebar karena pasarnya yang besar dan beragam. Jenis konsumen di bisnis ini pun masih menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Beautypreneurship sebenarnya tidak hanya dikhususkan pada masalah kecantikan kulit, wajah, dan rambut tetapi semua yang berhubungan dengan kecantikan secara keseluruhan. Hal tersebut yang menyebabkan bisnis ini masih menyisakan pasar potensial yang sangat besar. Ide-ide kreatif bisnis kecantikan terus berkembang. Dari mulai bisis yang sudah lama dikenal seperti salon dan rias pengantin. Bahkan, untuk saat ini bisnis salon lebih spesifik lagi seperti salon yang khusus melayani treatment tertentu, antara lain salon khusus wanita muslimah, salon khusus kuku, dsb.kecantikan sekarang memang tidak hanya terlihat dari wajah dan kulit saja.
Buku ini mengisahkantentang sesuatu yang berhubungan dengan bisnis kecantikan seperti tips memulai usaha kecantikan, aneka usaha kecantikan, langkah-langkah memulai usaha kecantikan, bahkan buku ini juga memuat cerita sukses pengusaha kecantikan. Pengusaha sukses yang diulas dalam buku ini semuanya perempuan. Sebagian besar dari mereka pada mulanya memulai bisnis ini hanya karena suka dengan hal yang berhubungan dengan kecantikan seperti spa dan salon, bahkan ada mereka yang memulai usahanya tanpa mengetahui semua detail yang berhubungan dengan usaha yang akan dijalaninya tersebut. Dengan kata lain, mereka membuka usaha dengan hanya bermodalkan sedikit pengetahuan mereka tentang usaha tersebut. Tapi, diantara mereka juga ada yang memang benar-benar menguasai seluk beluk usahanya. Untuk memulai usahanya tersebut, tak jarang dari mereka bahkan rela belajar di tempat kursus hingga bertahun-tahun agar benar-benar menguasai bidang yang digelutinya tersebut. Karena tekad dan kerja keras itulah sekarang mereka dapat merasakan keberhasilan yang telah mereka pertahankan hingga saat ini.
                Hal tersebut membuktikan bahwa perempuan juga bisa berbisnis. Perempuan juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan ide dan mewujudkan mimpinya. Anggapan bahwa perempuan hanya cocok di dapur, melakukan pekerjaan rumah, mengurus anak, dan semua anggapan tentang perempuan yang sifatnya kolot itu semuannya salah. Anggapan ini hanya membatasi kreatifitas yang dimiliki oleh kaum perempuan dan anehnya anggapan-anggapan salah tentang kemampuan perempuan ini masih saja berkembang dan dipelihara oleh sebagian masyarakat kita. Perempuan yang bekerja sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat setempat. Padahal, perempuan itu sebenarnya sangat cocok berbisnis. Alasan pertama perempuan itu cocok berbisnis adalah perempuan itu multitasking, mereka biasa melakukan hal secara bersamaan, mereka bisa mengurus anak sekaligus sambil memasak atau menyapu. Yang kedua, perempuan itu pengambil keputusan yang baik, mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat dan keputusan tersebut adalah keputusan terbaik. Selanjutnya, perempuan itu mempunyai skill komunikasi yang baik, kemampuan yang dimiliki seorang perempuan dalam hal komunikasi jelas lebih unggul  jika dibandingkan dengan laki-laki. Kemampuan komunikasi ini sangat berguna untuk mempromosikan bisnis yang dijalaninya. Ketika bicara, perempuan itu lebih luwes dan terbuka, sehingga mampu menarik banyak pelanggan. Pada intinya, buku ini berargumen bahwa perempuan dan bisnis itu kombinasi yang ideal.

Nilai-nilai
                Buku yang berjudul Beautypreneurship – cantiknya bisnis kecantikan ini memuat berbagai hal yang berbau kecantikan, mulai dari ide peluang bisnis kecantikan, langkah-langkah memulai bisnis kecantikan, tips memulai bisnis kecantikan, bahkan buku ini juga memuat profil sukses para pengusaha yang sangat menginspirasi. Buku ini menyerukan kepada kaum perempuan untuk segera berbisnis dan meninggalkan dalih bahwa perempuan hanya memiliki passion di dapur, juga menghapus anggapan salah tentang perempuan yang berbisnis. Buku ini menjelaskan bahwa perempuan itu sangat cocok berbisnis, perempuan dan bisnis itu kombinasi yang ideal. Buku ini juga mengungkap alasan mengapa perempuan itu cocok berbisnis.
                Profil para pengusaha sukses di bidang kecantikan yang disajikan dalam buku ini sangat memotivasi pembaca agar segera memulai bisnis. Cerita pengusaha kecantikan sukses itu dikemas sedemikian rupa sehingga berkesan pada pembaca bahwa memulai bisnis itu mudah, kuncinya adalah melakukan hal yang kita suka atau memilih bisnis sesuai hobi ditambah tekad yang kuat dan kerja kerasserta harus memiliki mimpi. Dalam setiap bisnis Anda harus memiliki mimpi, karena mimpi sangatlah penting. Mimpi bisa membangkitkan semangat kita ketika kita mulai lelah ataupun bosan dengan bisnis yang kita jalani. Paling tidak, Anda harus bermimpi bahwa usaha Anda akan sukses. Memang tidak mudah mencapainya. Namun jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh, kesuksesan tersebut bukanlah hal yang sulit untuk dicapai.
                Buku ini mengajarkan tentang nilai keberanian mengambil keputusan, keberanian memulai sesuatu, kecintaan pada profesi. Buku ini mengajarkan bahwa apapun yang kamu lakukan, lakukanlah dengan senang hati sehingga tidak ada beban ketika melangkah maju, teruslah merajut mimpimu dan jangan berhenti bermimpi hingga kamu berhasil menggapainya.

Refleksi
                Buku yang berjudulBeautypreneurship – cantiknya bisnis kecantikan ini memberikan banyak inspirasi kepada para pembaca terutama tentang keberanian para pebisnis mengambil ressiko tiggi karena mimpi dan hobinya. Berani adalah kesediaan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda, bahkan mungkin mengejutkan. Orang yang berani tidak hanya bersedia mengambil risiko atau melakukan sesuatu yang berbeda dari yang telah dilakukan sebelumnya.
            Setelah membaca buku ini, saya merasa sering menyia-nyiakan mimpi saya karena ketakutan akan kegagalan ketika ingin meraih mimpi tersebut. Saya tidak mempunyai cukup keberanian untuk menjemput mimpi yang saya bangun sendiri, padahal saya sudah menyaksikan banyak orang yang sukses karena mimpi mereka. Buku ini meyakinkan saya untuk mengambil risiko atau melakukan sesuatu yang berbeda dari yang telah dilakukan sebelumnya demi terwujudnya mimpi-mimpi tersebut.


Contoh Artikel Reflektif

Manisnya Buah Mimpi
Oleh: Mahardini Y.S

Mimpi adalah penjelajah terbaik. Mimpi bisa menjelajah pikiran semua manusia kapanpun ia mau. Setiap saat, setiap waktu, hari, jam, menit, bahkan detik, mimpi selalu hadir dalam pikiran seseorang yang menginginkan kehadirannya. Mimpi menganggap semua manusia adalah temannya, namun tidak banyak manusia yang menganggapnya teman. Berjuta-juta manusia bisa bermimpi, namun hanya sedikit dari mereka yang berani bereksplorasi dengannya, bermain dengan mimpinya sendiri, berani mewujudkan hal gila yang ada dalam mimpinya tersebut. Mereka adalah teman sejati mimpi.
Para pengoleksi mimpi, mereka yang hanya menjadikan mimpi sebagai hiasan hidup mereka, tidak akan pernah menikmati bahkan mencicipimanisnya buah mimpi. Mereka itu orang yang menjalani hidup mereka dengan monoton, mereka cepat puas dengan apa yang mereka dapat, mereka adalah tipe orang yang lebih nyaman dengan hal yang biasa mereka lakukan.Dengan kata lain, mereka tidak berani melangkah menjauh dan meninggalkan zona nyaman mereka. Memang, tidak semua mimpi bisa terwujud. Namun, setidaknya mereka harus mencoba mewujudkan mimpinya tersebut. Banyak mimpi yang terbuang sia-sia dan akhirnya dilupakan karena tidak banyak orang yang bisa bertahan untuk tetap mewujudkan mimpinya ketika mereka telah gagal. Namun, tidak sedikit juga yang masih tetap memperjuangkan mimpinya. Banyak orang telah merasakan manisnya mimpi, mereka telah membuktikan keajaiban mimpi, mereka percaya pada kekuatan mimpi,karena mimpi-mimpi itu mereka merasa hidup. Mimpi sejatinya adalah hasil pikiran kita tentang hal-hal yang kita inginkan dan harapankan.
Tentu saja, untuk mewujudkan mimpi tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan. Namun, dengan usaha dan kerja keras maka hal itu tidak akan menjadi hal yang mustahil lagi. Kuncinya adalah jangan menyerah dan teruslah bermimpi. Saya pernah mendengar orang yang berkata “jangan bermimpi terlalu tinggi karena kalau jatuh akan terasa sakit”, hal itu tentu saja kurang tepat karena akan membatasi kreatifitas kita dalam bermimpi. Karena mimpi adalah bagaimana kita berpikir outofthebox dan itu adalah sebuah kreatifitas. Setidaknya Anda harus bermimpi setinggi langit karena jika Anda jatuh Anda akan jatuh diantara bintang-bintang.
Karena melihat pernikahan temannya yang monoton, Vivi Liem S.Z bermimpi mendekorasi ruang pernikahan agar tidak membosankan, monoton, sederhana namun terkesan unik, elegan, spektakuler dan membuat kagum tamu yang datang. Akhirnya lahirlah ide kreatif dari mimpi tersebut, Vivi membuka Wedding Planner dan dekorasi. Karena sebuah mimpi, Yani dapat menyalurkan hobinya yaitu merias pengantin sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaannya sebagai pegawai negeri sipil. Berawal dari sebuah mimpi juga, lahirlah salon yang dinamai Srikandi Ladies Salon and Day Spa yang didirikan oleh Teca dan Diera, padahal mereka tidak punya modal pengetahuan tentang salon dan spa. Mereka memulai semua itu dengan mimpi. Mereka hanya perlu berpikir out of the box dan terus mencoba mewujudkan mimpinya tersebut meskipun gagal berkali-kali, dengan begitu kesempatan untuk merasakan manisnya buah dari mimpi tidak akan mustahil.

Contoh Puisi Reflektif

MIMPI
Di sela hembusan nafasku
ku pejamkan kedua mataku
keheningan merasuk dalam jiwaku
rasaku pun bersua
dalam harap dan asa
kurindukan dirimu
dalam setiap doaku
berharap rindu ini berujung temu
walau temu pun masih kelabu
semua itu tentangmu, mimpiku
tentang harap tentang cita
walau jauh ku coba tempuh




Tugas 2



ANALISIS TEKS EKSPOSISI

MANFAAT LIDAH BUAYA

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lidah buaya memiliki ciri-ciri: daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
Walaupun sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman serbaguna ini. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tersebut.
Pertama, bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera.
Kedua, lidah buaya juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.
Ketiga, meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, lidah buaya merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
Keempat, lidah buaya mempunyai efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat, antioksidan yang kuat, menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh.
Kelima, gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Sudah jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi justru sebagai makanan alami yang menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.

ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN
1.      Analisis Struktur Teks Eksposisi
1.
Manfaat Lidah Buaya
Judul
2.
Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lidah buaya memiliki ciri-ciri: daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
.Walaupun sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman serbaguna ini. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tersebut.
Tesis
3.
Pertama, bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera.
Kedua, lidah buaya juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.
Ketiga, meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, lidah buaya merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
Keempat, lidah buaya mempunyai efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat, antioksidan yang kuat, menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh.
Kelima, gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Argumen
4.
Sudah jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi justru sebagai makanan alami yang menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.
Penegasan Ulang

2.      Analisis Ciri Bahasa Teks Eksposisi
No.
Ciri
Contoh
1.
Menggunakan pengulangan kata
Pertama, bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera.
2.
Menggunakan konjungsi pertentangan dan gabungan 
·         Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
·         Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera
3.
Menggunakan pronomina nonpersona dan pronomina persona
·         Walaupun sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.
·         Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.
4.
Menggunakan verba (kata kerja),nomina (kata benda) ,adjektiva (kata sifat), dan adverbia (kata keterangan waktu)
·         Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman serbaguna ini.
·         Pertama, bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan.
·         Lidah buaya memiliki ciri-ciri: daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau.
·         Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya.



ANALISIS TEKS EKSPLANASI




SIKLUS HIDROLOGI



Gambar. 4.2 Siklus hidrologi
Sumber: http://ga.water.usgs.gov/edu/watercyclebahasahi.html

Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.

Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi. Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir, waduk, dan air laut) dan tanaman. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut transpirasi.

Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air. Temperatur yang berada di bawah titik beku (freezingpoint) mengakibatkan kristal es terbentuk. Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil (tiny droplet) yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara. Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi, yang disebut dengan hujan atau presipitasi. Jika temperatur udara turun sampai di bawah 0º Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.

Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah. Aliran air ini disebut aliran permukaan tanah karena bergerak di atas muka tanah. Aliran ini akan memasuki daerah tangkapan atau daerah aliran menuju ke sistem jaringan sungai, sistem danau atau waduk. Dalam sistem sungai aliran mengalir mulai dari sistem sungai kecil ke sistem sungai yang besar dan akhirnya menuju mulut sungai atau sering disebut estuary, yaitu tempat bertemunya sungai dengan laut.
(Diolah dari berbagai sumber).

ANALISIS STRUTUR ISI DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI
1.      Analisis Struktur Isi Teks Eksplanasi

1.
Siklus Hidrologi
Judul
2.
Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
Pernyataan Umum
3.
Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi. Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir, waduk, dan air laut) dan tanaman. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut transpirasi.
Urutan Sebab-Akibat
4.
Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air. Temperatur yang berada di bawah titik beku (freezingpoint) mengakibatkan kristal es terbentuk. Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil (tiny droplet) yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara. Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi, yang disebut dengan hujan atau presipitasi. Jika temperatur udara turun sampai di bawah 0º Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
Urutan Sebab-Akibat
5.
Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah. Aliran air ini disebut aliran permukaan tanah karena bergerak di atas muka tanah. Aliran ini akan memasuki daerah tangkapan atau daerah aliran menuju ke sistem jaringan sungai, sistem danau atau waduk. Dalam sistem sungai aliran mengalir mulai dari sistem sungai kecil ke sistem sungai yang besar dan akhirnya menuju mulut sungai atau sering disebut estuary, yaitu tempat bertemunya sungai dengan laut.
Urutan Sebab-Akibat

2.      Analisis Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi

No.
Ciri
Contoh
1.
Mengandung hubungan sebab-akibat kategori nomina
Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi.
2.
Menggunakan konjungsi sebab-akibat
·         Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air.
·         Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.
3.
Menyatakan hubungan sebab-akibat kategori verba
·         Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap.
·         Temperatur yang berada di bawah titik beku (freezingpoint) mengakibatkan kristal es terbentuk.
·         Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi, yang disebut dengan hujan atau presipitasi.
4.
Menggunakan kata kerja material
Jika temperatur udara turun sampai di bawah 0º Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
5.
Menggunakan kata kerja relasional
Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi.
6.
Menggunakan kalimat justifikasi
·         Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi.
·         Tanaman menyerap air melalui akar.
7.
Menggunakan kata serapan
Hidrologi, evaporasi, kondensasi, dan presipitasi, atmosfer
8.
Menggunakan kata asing
Freezingpoint, tiny droplet





Tugas 3

Meresensi Buku Terbaru

Identitas Buku:
Judul Buku        : Sila Ke-6 : Kreatif Sampai Mati
Nama Pengarang    : Wahyu Aditya
Penyunting        : Nurjannah Intan
Nama Penerbit        : PT Bentang Pustaka
Cetakan        : Keempat, Juli 2013
Ketebalan Buku    : XVII + 302 hlm; 20,8 cm
Tahun Terbit        : 2013



 Kreativitas Tanpa Batas

    Sekarang ini ungkapan “Hemat Pangkal Kaya” sudah berubah jadi “Kreatif Pangkal Kaya”...Dan, buku berjudul Kreatif Sampai Mati ini akan menginspirasi dan menghasilkan banyak orang-orang kaya baru dari generasi kreatif, tapi dengan cara yang lebih elegan dan terpuji tanpa harus korupsi, mark-up project, atau dengan cara-cara standar lainnya. Salam kreatif!
    Buku karya Wahyu Aditya alias Wadit ini mencoba merangkul kembali benih kreatif dan memupuknya hingga subur kembali. Sudah saatnya orang bukan dilihat ‘serius’ dari tampilannya, tapi jalan pikirannya yang kreatif. Melalui buku ini, Wadit memprovokasi kita untuk melahirkan pemikiran-pemikiran kreatif sekaligus tindakan nyata. Pada zaman yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, kreativitas merupakan kunci menuju sukses.
Kreativitas adalah salah satu bentuk kemerdekaan dalam berimajinasi. Kreatif adalah bentuk hak untuk semuanya, yang kaya, miskin, tua, muda, enterpreneur, akuntan, tentara, hingga pengangguran. Jangan merasa bahwa kamu tidak kreatif! Sejatinya kreativitas sudah mengendap di setiap insan manusia, hanya saja malas untuk dikeluarkan atau tidak tahu cara memanggilnya.
Buku ini berbagi cerita tentang proses kreatif penulis yang dinamis, antistatus quo, spontan, informal, menginspirasi, dan kreatif sampai mati. Dalam buku ini, kreativitas bukan sekadar soal jadi beda untuk berbeda. Kreatif membuat hidup lebih hidup, berwarna, bersemangat, indah, dan lebih bermakna. Wadit menunjukkan bahwa kreativitas adalah kombinasi antara karya, kreasi, dan kontribusi. Karya yang sejalan dengan kepedulian empunya, kreasi bernilai tambah yang bersumber dari keasyikan berkarya, dan kontribusi yang bermanfaat bagi orang banyak, bangsa, dan dunia.
Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. Mulai dari desain covernya yang menarik sampai isi buku yang penuh dengan gambar dan warna ditambah bahasa yang digunakan penulis adalah bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti membuat buku ini tidak membosankan ketika dibaca. Yang menarik lagi dalam buku ini adalah di akhir setiap babnya memuat kata-kata motivasi yang memotivasi pembaca untuk menjadi orang yang kreatif. Sayangnya, buku ini terlalu tebal, juga ada sub bab yang tidak berhubungan dengan isi buku dan juga ada judul bab yang kurang sesuai dengan isinya.


Mengomentari Resensi
Nama        : Vidiya Safitri
NIM        : 160211601845
Off./ Jurusan    : AA/ Sastra Indonesia

Resensi Buku
Jurus Sukses Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif

Identitas Buku
Judul Buku        : Jurus Sukses Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif
Penulis            : A. Lusita
Penerbit        : Araska
Ketebalan Buku    : 13,5 x 20,5 cm   
Tahun terbit        : 2012
ISBN            : 978-602-9371-95-6

Sinopsis
Buku  yang berjudul Jurus Sukses Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif dan Inovatif karya A. Lusita menginformasikan tentang guru yang seperti apa yang dapat dikatakan sebagai guru kreatif, inspiratif dan inovatif. Sosok guru inspiratif adalah guru yang tidak sekedar mengajar kurikulum tetapi mampu mengajak siswa-siswanya berfikir kreatif. Beliau juga mengajak siswa-siswanya melihat sesuatu dari luar lalu mengubahnya didalam kemudian membawa kembali ke luar, ke masyarakat luas. Guru inspiratif melahirkan pemimpin pembaharu yang berani menghancurkan aneka kebiasaan lama. Ada 3 pendekatan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran saat di kelas. Yang pertama, pendekatan kecerdasan emosional. Yang kedua, pendekatan kecerdasan spiritual. Yang ketiga, pendekatan kecerdasan sosial.
Guru inovatif adalah guru yang memiliki inovasi pembelajaran yang berwujud pembaharuan atau perbaikan sistem pembelajaran agar pembelajaran jadi lebih baik. Guru mengajar tidak hanya berceramah di depan kelas atau memberikan tugas pada siswanya saja melainkan melakukan inovasi, misalnya dengan memberikan siswanya kesempatan untuk berpikir menurut pendapatnya. Dengan melakukan cara tersebut, guru akan lebih mudah dalam menyemaikan nilai-nilai luhur hakiki sehingga guru sebagai pengajar sekaligus pendidik diharapkan bisa terimplementasikan dengan baik. Seorang guru yang inovatif dapat dilihat dari pengetahuan dan perilaku siswa, apakah ada perubahan atau tidak. Untuk menjadi guru inovatif anda harus memiliki kemampuan komunikasi, keterampilan dasar seperti matematika dan bahasa, keterampilan teknologi, keterampilan memecahkan masalah, litrasi terhadap keberagaman budaya dan bahasa, keterampilan interpersonal, keterampilan menemukan, teknologi digital, dan kemampuan berpikir kritik dan kreatif.
Menjadi guru yang inspiratif, kreatif dan inovatif harus memiliki jurus-jurus jitu seperti pandai membuat siswa nyaman di kelas dengan cara menjadi pendengar yang aktif, pandai memberi motivasi, menegakkan dead line dan menghargai usaha siswa. Cara-cara seperti itu dapat membuat siswa jadi nyaman di kelas. Jurus jitu lainnya adalah mnguasai teknik mengendalikan kelas, cerdas mengatasi siswa bermasalah, dan cerdas menghukum siswa. Dalam hal ini guru tidak boleh memberi hukuman yang kasar atau fisik. Sebaiknya guru memberikan hukuman yang mendidik, misalnya ada seorang siswa yang terlambat saat kegiatan upacara maka sebaiknya guru memberi hukuman menjadikan siswa yang terlambat sebagai petugas upacara, bukan malah menghukum seperti push up, lari keliling lapangan dsb. yang berhubungan dengan fisik. Dengan cara tersebut selain siswa jera siswa sekaligus belajar. Guru yang demikian itu yang menjadi idola para siswa. Guru idola senantiasa memperbaiki diri dan melakukan apa yang disebut belajar sepanjang hayat. Guru idola tercermin dari tingkah lakunya yang selalu satu kata antara perkataan dan perbuatan.

Kekurangan dan Kelebihan Buku
Buku karya A. Lusita yang berjudul Jurus Sukses Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif ini memiliki desain buku yang kurang menarik, terutama pada bagian sampulnya. Pemilihan warna yang gelap pada sampul buku membuat kesan bahwa buku tersebut membosankan untuk dibaca. Kemudian kekurangan lain jika dilihat dari segi isinya, buku ini terlihat biasa saja tidak ada bagian-bagian yang mengagumkan. Penjelasan yang terlalu berbelit-belit tidak pada bahasan langsung. Namun dari semua itu, buku ini memiliki kelebihan yaitu penulis membagi dan membedakan mana bagian yang berisi penjelasan dan jurus-jurus jitu menjadi guru favorit kedalam bab tersendiri, sehingga memudahkan pembaca untuk mencari jika ingin mencari penjelasan bagaimana yang disebut guru inspiratif, inovatif maupun kreatif dengan bab yang berisi tips-tips menjadi guru yang berkarakter tersebut.


Komentar:
Resensi buku berjudul “Jurus Sukses Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif” tersebut masih belum memenuhi kriteria yang ditentukan. Seharusnya antara sinopsis buku dan kelemahan/kelebihan buku digabung menjadi satu kesatuan tanpa ada poin yang berbeda yang memisahkan antara keduanya, atau dengan kata lain untuk penulisan isi antara sinopsis dan kelemahan/kelebihan buku dapat hanya dipisahkan dengan alenia baru. Untuk komentar penulis resensi tentang kelemahan buku yang mengkritik desain sampul yang kurang menarik dan pemilihan warna yang gelap pada sampul sehingga menimbulkan kesan bahwa buku tersebut membosankan untuk dibaca, seharusnya pada awal sebelum penulisan identitas buku atau disamping penulisan identitas buku mencantumkan gambar desain cover buku sehingga pembaca juga dapat menilai desain cover buku tersebut apakah sesuai dengan pendapat yang disampaikan oleh penulis resensi yang menyatakan bahwa desain buku tersebut membosankan, ataukah tidak. Untuk kelebihan buku, penulis resensi kurang memperhatikan kelebihan buku tersebut secara detail dan menuliskannya dalam resensinya sehingga pembaca resensi tersebut ingin membaca buku yang diresensinya, intinya penulis resensi kurang dapat meyakinkan calon pembaca agar mau membaca buku yang diresensinya itu. Untuk penambahan kelebihan buku, penulis dapat menuliskan perasaannnya ketika sebelum/sedang/dan sesudah membaca buku tersebut, apakah setelah membaca buku itu penulis mendapat pelajaran yang berharga ataukah tidak, penulis juga dapat mencantumkan kesan atau perubahan apa yang didapatkan oleh penulis setelah membaca buku tersebut.


Tugas 4




TUGAS
MENULIS JURNAL REFLEKSI
(Matakuliah Membaca Teks Informatif/Membaca Teks Nonilmiah)
                                
Tidak terasa sudah satu semester berlalu, banyak pengalaman yang saya dapat setelah mengikuti matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif ini selama satu semester terakhir. Banyak tugas yang telah diberikan yang menambah wawasan dan pengetahuan saya terkait matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif. Tugas pertama yaitu menemukan perbedaan konsep antara teks ilmiah dan teks nonilmiah. Tugas kedua yaitu membaca 10 buku nonilmiah/informatif, membuat ikhtisar dari buku yang dibaca dan menuliskan refleksi isi buku. Tugas ketiga yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia berdasarkan teks informatif/nonilmiah yang telah dibaca. Tugas keempat yaitu menulis resensi dari buku-buku yang telah dibaca. Tugas kelima yaitu menganalisis struktur isi dan ciri kebahasaan berbagai teks yang telah ditentukan. Tugas keenam yaitu menulis refleksi isi buku multimoda (berbentuk artikel dan puisi). Tugas ketujuh yaitu menulis jurnal refleksi perkuliahan.
Tugas pertama matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif ini yaitu menemukan perbedaan konsep antara teks ilmiah dan nonilmiah. Pada saat itu, disediakan beberapa teks ilmiah dan nonilmiah yang ditulis secara acak. Tugasnya adalah membedakan teks mana yang termasuk jenis teks ilmiah dan teks mana yang termasuk jenis teks nonilmiah. Setelah mengklasifikasikan teks-teks tersebut, tugas selanjutnya yaitu mencari perbedaan yang mendasar antara teks ilmiah dan teks nonilmiah yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan jenis teks, apakah teks yang dianalisis termasuk jenis teks ilmiah ataukan teks nonilmiah, agar selanjutnya dapat dengan mudah mengklasifikasikan teks ilmiah dan nonillmiah. Dari proses pengklasifikasian tersebut, didapatkan beberapa kesimpulan untuk mempermudah membedakan antara teks ilmiah dan teks nonilmiah yaitu antara lain: teks ilmiah memaparkan pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Teks ilmiah biasanya ditulis untuk mencari jawaban mengenai sesuatu hal dan untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu yang terdapat dalam objek tulisan. Dalam penulisan teks ilmiah, peran bahasa sangat penting. Hal tersebut karena bahasa merupakan alat komunikasi, dalam hal ini sebagai media pengungkap gagasan penulis, dan teks ilmiah merupakan tulisan yang didasari hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu sehingga bersifat obyektif.Teks ilmiah disusun menggunakan metode tertentu dan isinya harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Contoh teks ilmiah misalnya makalah dan disertasi. Sedangkan, teks nonilmiah sangat bervariasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum. Teks nonilmiah ditulis berdasarkan fakta pribadi dan umumnya bersifat subyektif. Bahasa yang digunakan dalam teks nonilmiah bisa konkret bisa abstrak, sedangkan gaya bahasa yang digunakan yaitu nonformal dan populer walaupun kadang-kadang juga bisa menggunakan bahasa yang formal dan teknis. Karya nonilmiah biasanya bersifat emotif yaitu tidak sistematis, lebih mencari keuntungan, dan sedikit informasi. Teks nonilmiah juga bersifat persuasif yaitu penilaian fakta tanpa adanya bukti, berisi bujukan untuk meyakinkan pembaca, mempengaruhi sikap dan cara berpikir pembaca, serta cukup informatif. Teks nonilmiah juga bersifat deskriptif, berdasarkan pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif, dan kritik adakalanya tanpa dukungan bukti. Sebelum mendapat tugas ini, untuk membedakan antara teks ilmiah dan teks nonimiah bukanlah hal yang mudah. Setelah diberi beberapa contoh teks ilmiah/nonilmiah dan menganalisisnya serta menglasifikasikannya ke dalam jenis yang sesuai, pengetahuan tentang cara membedakan antara teks ilmiah dan nonilmiah menjadi bertambah sehingga mempermudah menjeniskan teks-teks selnjutnya.
Tugas kedua matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif yaitumembaca 10 buku nonilmiah/informatif, membuat ikhtisar dari buku yang dibaca dan menuliskan refleksi isi buku. Setelah membaca 10 buku informatif/nonimiah, selain menerapkan kembali apa yang dibahas pada tugas pertama, pengetahuan kita juga bertambah karena setiap buku nonilmiah yang kita baca membawa pengetahuan baru yaang berbeda-beda. Buku nonilmiah yang saya baca yang menurut saya sangat menginspirasi, salah satunya yaitu: buku karya Wahyu Aditya yang berjudul “kreatif sampai mati”. Buku ini berbagi cerita tentang proses kreatif penulis yang dinamis, antistatus quo, spontan, informal, menginspirasi, dan kreatif sampai mati. Dalam buku ini, kreativitas bukan sekadar soal jadi beda untuk berbeda. Kreatif membuat hidup lebih hidup, berwarna, bersemangat, indah, dan lebih bermakna. Wadit menunjukkan bahwa kreativitas adalah kombinasi antara karya, kreasi, dan kontribusi. Karya yang sejalan dengan kepedulian empunya, kreasi bernilai tambah yang bersumber dari keasyikan berkarya, dan kontribusi yang bermanfaat bagi orang banyak, bangsa, dan dunia. Buku karya Wahyu Aditya alias Wadit ini mencoba merangkul kembali benih kreatif dan memupuknya hingga subur kembali. Sudah saatnya orang bukan dilihat ‘serius’ dari tampilannya, tapi jalan pikirannya yang kreatif. Melalui buku ini, Wadit memprovokasi kita untuk melahirkan pemikiran-pemikiran kreatif sekaligus tindakan nyata. Pada zaman yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, kreativitas merupakan kunci menuju sukses.
Tugas ketiga matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif yaitumenjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia berdasarkan teks informatif/nonilmiah yang telah dibaca. Tugas ini mengajarkan untuk menjawab pertanyaan dengan kriteria tingkat kesulitan yang berbeda-beda, dimulai dari pertanyaan literal yang jawabannya sudah ada dalam bacaan, pertanyaan aplikatif, pertanyaan analitik, pertanyaan evaluatif, hingga pertanyaan kreatif yang membutuhkan penalaran lebih untuk menjawabnya. Untuk mengasah kemampuan menjawab pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda, disediakan beberapa teks yang telah dibekali dengan banyak pertanyaan yang menanti untuk dijawab. Teks-teks tersebut antara lain teks yang berjudul “Hiu”, “Bunga di Atas Atap”, “si Kilau”, dan sebagainya.
Tugas keempat matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif yaitumenulis resensi dari buku-buku yang telah dibaca. Buku yang diresensi bebas sesuai dengan yang diminati, artinya kita bebas memilih satu dari 10 buku yang kita telah baca tanpa dibatasi dengan tema yang terikat. Buku yang saya resensi saat itu yaitu buku karya Muadzin F. Jihad yang berjudul “Follow Your Passion”.Buku berjudul Follow Your Passion adalah buku yang penuh inspirasi untuk yang masih jadi karyawan dan masih ragu-ragu jadi pengusaha. Buku ini merupakan cermin bening, siapa pun pasti bisa jadi pengusaha kalau mau, kalau punya passion. Karena passion adalah modal kita untuk mengubah dunia. Buku Follow Your Passion ini sungguh menarik karena otentik. True story, bukan teori.Buku berjudul Follow Your Passion ini memuat kisah perjalanan hidup sang penulis, Muadzin, yang sangat menginspirasi. Muadzin menemukan passion-nya dan berani mengaplikasikan resep untuk ‘meloloskan diri’ dari jebakan kenyamanan dan keamanan semu menjadi karyawan dan lebih memilih mengikuti inner voice-nya. Buku ini membantu lebih banyak orang mengenali passion-nya sehingga semakin banyak orang yang ‘beruntung’. Karena mengenali passion adalah sebuah ‘keberuntungan’. Passion adalah mengapa kita ada di dunia ini. Mengenali passion adalah mengenali diri. Mengenali passion adalah mengenal tujuan hidup.
Tugas kelima matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif yaitumenganalisis struktur isi dan ciri kebahasaan berbagai teks yang telah ditentukan.Teks yang dianalisis antara lain: 10 teks eksposisi, 10 tels laporan perjalanan, 3 teks sejarah, 2 teks novel, dan 10 laporan hasil observasi. Tugas tersebut dikerjakan dengan kelompok yang telah ditentukan sebelumnya.Pada saat itu, kelompok kami mendapat bagian menganalisis 10 teks eksposisi. Teks yang kami pilih antara lain berjudul “Manfaat Lidah Buaya”, “Bias Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia”, “Fakta Hukum di Indonesia”, “Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia”, “Hindari Caleg Pelaku Korupsi”, “Dampak Negatif Aksi Mogok Buruh”, “Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah”, “Kemacetan Dan Masa Depan Kota”, “WTO Globalisasi”, dan “Ekonomi Indonesia”. Dari tugas analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi membunyai strukur teks yang tersiri dari tesis, argummmentasi, dan penegasan ulang. Selain itu, juga diperoleh data mengenai ciri kebahasaan teks eksposisi yaitu menggunakan perulangan kata, menggunakan konjungsi, mengguanakan kata ganti (pronomina), menggunakan kata kerja, kata benda, kata keterangan, dan sebagainya.
Tugas keenam matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif yaitumenulis refleksi isi buku multimoda (berbentuk artikel dan puisi). Tugas keenam sebenarnya hampir sama dengan tugas kedua yaitu membuat ikhtisar dari buku yang dibaca dan menuliskan refleksi isi buku, hanya saja pada tugas keenam refleksi isi buku tersebut berbentuk teks multimoda yang didalamnya terdapat artikel dan puisi.
Tugas ketujuh matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif yaitumenulis jurnal refleksi perkuliahan. Dengan mengerjakan tugas ini, kita dapar mereview tugas-tugas yang lalu yang telah diberikan. Kita dapat membangkitkan memori kita kembali mengenai tugas-tugas yang lalu sehingga kita tidak melupakan materi-materi penting dari matakuliah membaca teks nonilmiah/membaca informatif yang telah kita tempuh selama satu semester ini. Dengan membuat jurnal refleksi perkuliahan, kita dapatmenangkap kembali pengalaman, memikirkannya, dan mengevaluasinya. Pemikiran refleksi melibatkan tiga kegiatan berikut: (1) kembali ke pengalaman, yaitu kegiatan untuk mengingat kembali atau merinci kejadian penting, (2) menghadirkan perasaan, yaitu kegiatan mengggunakan perasaan untuk mengungkapkan hal-hal yang disukai atau tidak disukai, dan (3) mengevaluasi pengalaman, melibatkan pemeriksaan ulang pengalaman berdasarkan maksud dan pengetahuan yang ada


1 komentar:

  1. Manfaat lidah buaya itu bukan teks eksposisi, coba diperbaiki ya, itu LHO. Tidak bertujuan untuk meyakinkan orang lain dengan tesis dan argumen-arumennya, hanya menginformasikan objek.

    BalasHapus